Kamis, 17 Januari 2008

PEMANFAATAN TEPUNG TULANG IKAN MADIDIHANG (Thunnus albacares) SEBAGAI SUMBER KALSIUM DAN FOSFOR UNTUK MENINGKATKAN NILAI GIZI MAKRON KENARI

Abstrak

Pengelolaan sumberdaya perikanan terutama limbah ikan belum optimal dimanfaatkan dengan baik, padahal limbah tersebut dapat digunakan dan diolah kembali menjadi berbagai produk, limbah tersebut terdapat pada kepala, tulang, sisik, dan kulit yang biasanya dibuang dan tidak dimanfaatkan oleh masyarakat dan industri perikanan. Kandungan nutrisi dalam tepung tulang ikan tuna memiliki kandungan kalsium 13,19 %, phosfor 0,81 %, natrium 0,36 %, dan zat besi 0,03 % Ismanadji et al (2000). Potensi limbah tulang ikan tuna di Muara Baru Jakarta bisa mencapai 2 ton/hari, sebulannya limbah tulang ikan tuna hingga 60 ton/bulan. Limbah tulang ini didapat dari kapal penangkap tuna dari berbagai daerah di Laut Sulawesi, Maluku, Laut Halmahera dan Laut Papua. (UD.Bunga Laut, 2007).
Tubuh kita mengandung lebih banyak kalsium dari pada mineral lainnya, diperkirakan sekitar 2 % berat badan orang dewasa atau sekitar 1,0-1,4 kg (Winarno,1985). Jumlah ini, 99 % berada dalam jaringan keras, yaitu tulang dan gigi terutama dalam bentuk hidroksiapatit. Kebutuhan kalsium dalam tubuh manusia perhari untuk anak-anak dan orang dewasa sangat berbeda.Untuk orang dewasa kebutuhan kalsium perhari rata-rata 750 mg/hari dan anak-anak 500-700 mg/hari (Widyakarya Pangan dan Gizi LIPI, 2004).
Salah satu unit usaha industri rumah tangga yang berkembang sangat pesat di Maluku Utara adalah pembuatan makron kenari, bagea kenari, roti kenari, biskuit kenari yang merupakan kue khas di daerah Maluku Utara, dalam bentuk kering maupun basah. Pembuatan makron kenari selama ini belum mengalami perubahan yang cukup signifikan hanya menggunakan adonan terigu, gula, mentega dan kenari. Sehingga makron kenari belum diketahui pasti kandungan yang terdapat dalam produk tersebut, oleh karena itu untuk meningkatkan nilai gizi makron yang kaya akan kalsium dan fosfor maka dilakukanlah penambahan tepung tulang ikan tuna kedalam produk tersebut dengan harapan hasilnya lebih maksimal, selain enak rasanya ketika dikonsumsi tapi juga kaya akan kandungan gizi terutama kalsium dan fosfor. Makron kenari sudah dikenal luas oleh masyarakat setiap orang yang berkunjung ke Ternate pasti disuguhkan dengan berbagai aneka kue khas daerah ini untuk dijadikan oleh-oleh buat keluarga karena rasanya yang enak, gurih dan harganya cukup terjangkau.

5 komentar:

noushe mengatakan...

Dalam tulisan yang bapak muat, menyatakan bahwa tulang ikan tuna mengandung kalsium dan fosfor. Apa bapak memiliki data yang mendukungnya? kebetulan saya juga sedang memerlukan data mengenai kandungan nutrisi tulang ikan tuna tersebut. Terima Kasih.

bastomibasran mengatakan...

apa kabar pak?mudah mudahan sehat selalu, saya mau bertanya nich pak, apakah bapak ada data data tentang kandungan pada tulang ikan tenggiri?karena saya sangat tertarik sekali dibidang ini. karena ditempat saya banyak sekali limbah industri kerupuk dari ikan tenggiri dipangkalpinang babel , dimana tulang tersebut dibuang begitu saja dikebun. terima kasih pak atas bantuannya.

Unknown mengatakan...

Bagaimana cara membuat tepung ikan?& bagaimana vara mengukur kadaluarsa

mad ahmad mengatakan...

yaaa untuk membuat tepung tulang, gampang2 susah tapi bisa kok cepat, emang adik mau riset juga yaaaa
kalau ga paham bisa kita share

VLP - subtitleindonesia.com mengatakan...

mohon tanya tepung ikan tersebut biaya pengolahannya berapa per kilonya ? mulai dari beli + ongkos + tenaga... dll.
terima kasih atas perhatiannya.

salam kenal

Tulus.S

vlppluit@gmail.com